Rabu, 02 November 2011

Ciri-Ciri Bangkitnya Kundalini

Ciri-ciri seorang yg telah bangkit Tenaga Kundalininya(Tenaga Siva/Brahman)

I.  Delapan kekuatan batin besar

Svami Sivananda menguraikan bahwa seorang yogi sempurna dalam kundalini yoga mempunyai delapan kekuatan batin besar seperti yg diuraikan dalam kitab Yoga Sutra, yaitu:
  1. Anima : Sang yogi dapat menjadi sekecil mungkin dengan mengecilkan tubuhnya
  2. Mahima : Ia dapat membesarkan tubuhnya sebesar mungkin yg ia inginkan.
  3. Laghima : Ia dapat membuat tubuhnya menjadi amat ringan, sehingga ia bahkan dapat berjalan di udara.
  4. Garima: Ia dapat membuat tubuhnya menjadi amat berat, bahkan seberat gunung
  5. Prapti : Ia bisa mencapai apapun yang ia inginkan. Ia memiliki mata batin (Clairvoyance) dan telinga batin ( Claraiudience), mengirim dan menerima pikiran ked an dari orang lain, ia dapat membaca pikiran makhluk lain.
  6. Prakãmya : Ia dapat hidup didalam air dan tinggal di dalam air selama yg ia inginkan. Yogi Trilanga Svami dari Benares pernah masuk ke dalam sungai gangga untuk jangka waktu 6 bulan. Kemampuan ini termasuk juga kesaktian Para Kaya Pravesa yaitu kesaktian untuk masuk ke dalam tubuh orang lain. Sri Sankara pernah masuk ke dalam badan Raja Amara dari Benares. Tirumulardari India Selatan masuk ke dalam badan seorang gembala. Termasuk di dalam kesaktian ini adalah kemampuan untuk menjaga tubuh untuk selalu tetap awet muda dan panjang umur. Seorang Yogi bernama Herakhan Bãbã telah berumur lebih dari seribu tahun hingga saat ini, mempunyai misi khusus yaitu untuk mengajarkan umat manusia Kriya yoga.
  7. Vasitvam: Ini adalah kemampuan untuk menaklukkan nafsu dan perasaan. Ini juga kemampuan untuk mengontrol semua elemen alam semesta.
  8. Ishatvam : Ini adalah tercapainya kekuatan suci. Sang yogi dapat menghidupkan orang mati. Herakham Bãbã, Kabir, Tulsidas, Alkalkot Svami dan beberapa yogi di India lainnya memiliki kekuatan ini dan pernah menghidupkan orang mati .
II Kekuatan Batin Kecil.

Seorang yogi yg sempurna juga mencapai kekuatan batin kecil sebagai berikut:
  1. Bebas dari lapar dan haus
  2. Bebas dari pengaruh panas dan dingin.
  3. Mengatasi rasa suka dan tidak suka
  4. Dapat melihat dengan mata batin.
  5. Mengatasi pikiran.
  6. Sang yogi dapat mengambil wujud apapun yg ia inginkan
  7. Ia dapat masuk ke badan orang lain, dapat menghidupkan badan yg sudah mati, lalu dapat memasuki badan itu dengan sukmanya.
  8. Dapat memperoleh apapun yg ia inginkan.
  9. Dapat mengetahui masa lalu, masa kini, dan masa yg akan datang.
  10. Ia mati atas kehendaknya sendiri
  11. Ia dapat berpindah ke segala tempat  yang ia suka.
  12. Ia dapat mengangkat dirinya ke angkasa
  13. Dan berbagai kekuatan batin lainnya.
Mengenai kekuatan-kekuatan gaib itu, Buddha Gautama mengatakan bahwa beberapa kekuatan gaib itu amat penting gunanya dalam upaya untuk menyelidiki kebenaran-kebenaran yg tersembunyi, misalnya benarkah ada kehidupan setelah mati? Benarkah ada reinkarnasi? Bagaimana hukum karma bekerja? Dan lain lain.

Kekuatan-kekuatan yg dimaksud oleh Buddha itu diantaranya:
  1. Psikokinesis(Iddhividha) yg bukan merupakan pengetahuan melainkan kekuatan. Ia terdiri dari berbagai perwujudan dari “ kekuatan tekad “ (Adhithanaiddhi)
  2. Telingabathin(Dibbasota), Indriya yg menangkap bunyi-bunyian dari jarak jauh, bahkan lebih jauh dari jangkauan indriya pendengaran biasa. Perluasan perpepsi pendengaran baik jarak maupun dalam kedalaman, membuat seseorang mampu untuk menangkap secara langsung fenomena berkolerasi tertentu yg biasanya hanya dapat disimpulkan.
  3. Telepati (Cetopariyaňãna), yang membuat seseorang mampu  memahami keadaan umum maupun bekerjanya pikiran orang lain.
  4. Retrokognisi(Pubbenivãsãnusstiňãna), kemampuan untuk menangkap sejarah kehidupan masa lampau dirinya. Ia bergantung pada memori(Sati), dan memori dari kehidupan masa lampau ini diperoleh melalui kegiatan konsentrasi yg intensif(Samãdhi), seperti halnya pengembangan indriya-indriya lainnya.
  5. Mata Batin(Dibbacakkhu), pengetahuan tentang kematian dan kehidupan mahluk-mahluk yg berkelana dalam lingkaran kehidupan mengikuti kelakuannya(karma). Kemampuan ini, bersama-sama dengan retrokognisi, membuat seseorang mampu memeriksa fenomena kelahiran kembali(Reinkarnasi)
  6. Pengetahuan tentang penghancuran rangsangan-rangsangan kotor(Āsavakkhayaňãna) yg bersama-sama ke-empat kemampuan terakhir disebut diatasm melengkapi seseorang dengan pengertian yg mendalam tentang kebenaran mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar